Jumat, 15 Juli 2016

Tagged Under:

Kurikulum ,Foundation,Principles Dan Isu - Oleh C. Ornstein

By: Unknown On: 00.05
  • Share The Gag


  • Analisis Buku C. Ornstein.Curriculum -- Foundations, Principles, and Issues.Fouth Edition. United States of America: Allyn and Bacon


                Ornsten, Allan C& Francis P.Hunkins (2004).Curriculum -- Foundations, Principles, and Issues.Fouth Edition.  United States of America: Allyn and Bacon

    Buku yang berjudulCurriculum -- Foundations, Principles, and Issues. Fouth Edition pada bab 7 membahas mengenai Curriculum Development. Dalam bab ini menjelaskan tentang pengertian kurikulum, pengembangan kurikulum dan model-model yang digunanakan dalam dalam mengembangkan kurikulum.
    Dalam bab ini membahas bahwa kurikulum merupakan suatu bagian dari lembaga pendidikan yang memegang peranan penting dalam keberhasilan suatu lembaga. Kurikulum memberikan pengalaman hidup kepada siswa dan guru yang akan mendorong pemahaman yang mendalam, keterampilan yang tinggi, sikap yang tepat, dan nilai-nilai pembangunan sosial. Pengembangan kurikulum adalah tempat untuk meningkatkan nilai-nilai dalam membangun pendidikan menuju ke arah yang lebih baik.Pengembangan kurikulum tidak hanya membahas tentang isu-isu yang luas seperti kebijakan sosial, adat-istiadat, budaya, maupun politik.Tetapi lebih difokuskan kepada aktivitas utama sebagai pendidik yang menciptakan program pendidikan yang melibatkan para siswa dalam pembelajaran dan memberdayakan mereka untuk membangun makna dari pembelajaran yang diberikan.Kurikulum juga merupakan salah satu visi dalam pendidikan yang sifatnya tidak statis, artinya kurikulum itu bisa berubah dan berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Prosedur baru sedang dijalankan untuk mengembangkan kurikulum yang ada, yaitu kurikulum yang menggunakan pendekatan pada cara berpikir modern yang terdapat pada teori kognitif yang baru dan menekankan pada pencapaian tujuan instruksional.
    Perencaaan kurikulum yang efektif merupakan suatu kebutuhan yang dapat menjadi fondasi untuk pengembangan kurikulum. Namun dalam kenyataannya terdapat beberapa kesulitan diantaranya: bahwa ada berbagai cara untuk mendefinisikan pengembangan kurikulum, dan beberapa kurikulum juga harus menitikberatkan pada satu faktor yang harus harus mendapat perhatian apakah dilihat dari segi materi pelajaran yang diberikan pada siswa, potensi siswa itu sendiri atau masyarakat pada umumnya. Pengembangan kurikulum terdiri dari berbagai proses (teknis, humanistik, dan artistik) yang memungkinkan sekolah dan orang-orang yang berada dalam lingkungan sekolah untuk mewujudkan tujuan pendidikan tertentu. Idealnya mereka semua yang terkena dampak kurikulum harus terlibat dalam proses pembangunan kurikulum. Meskipun berbagai model bisa dipilih sebagai acuan dalam pengembangan kurikulum, tetapi kebanyakan model dapat diklasifikasikan baik dari segi teknis maupun nonteknis atau holistik. Dengan mengelompokkan pendekatan non-teknis dan teknis, hal ini tidak  menjadikan apakah pendekatan itu berdampak positif atau negatif. Sebaliknya kita ingin membedakan keduanya secara mendasar.Kebanyakan orang percaya dalam desain kurikulum yang menekankan materi pelajaran biasanya menggunakan pendekatan teknis untuk pengembangan kurikulum.
    Pendekatan teknis-ilmiah untuk pengembangan kurikulum
    Pendekatan teknis-ilmiah dapat digunakan untuk pengembangan kurikulum dan pendidikan.Mereka yang menggunakan pendekatan ini, merencanakan kurikulum untuk mnegoptimalkan hasil yang diperoleh.Menurut sudut pandang ini, pengembangan kurikulum adalah perencanaan untuk penataan lingkungan belajar dengan mengkoordinasikan unsur-unsur personel, material, dan peralatan. Pedekatan teknis-ilmiah dapat memungkinkan kita untuk memahami kurikulum dari sudut pandang yang luas dan memahaminya sebagai kesatuan kompleks dari bagian yang terorganisir dan berfungsi untuk melayani baik secara umum  maupun individu. Hal ini juga memungkinkan kita untuk memiliki perencanaan sesuai dengan yang ada dalam pikiran kita.Pendekatan ilmiah teknis mengharuskan pendidik menggunakan pendekatan rasional untuk menyelesaikan tugas mereka.Mereka percaya bahwa untuk menguraikan prosedur tersebut secara sistematis, harus difasilitasi sehingga dapat menciptakan sebuah kurikulum yang baru.
    Kini berbagai model telah dikembangkan dengan menggunakan berbagai paradigma yang baru yang menunjukkan bahwa semakin ketat kurikulum yang digunakan, maka semakin besar kemungkinan hasil akhir yang diinginkan.penggunaan pendekatan ini menunjukkan bahwa program semacam desain yang sistematis dapat dievaluasi.
    Peran Bobbit dan Permainan Charters dalam bidang pengembangan kurikulum Sejarah
    Pendekatan ilmiah teknis dalam pengembangan kurikulum sejarah telah menemukan asal-usul dan substansi model ilmiah teknis di sekolah.Pada pergantian abad kedua puluh, pendekatan ini mengadaptasi prinsip-prinsip metode birokrasi yang dapat dianggap ilmiah.Dorongan mengembangkan ilmu dalam pembuatan kurikulum pertama kali muncul dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan biologi, fisika, dan kimia.Selama abad kesembilan belas dan kedua puluh, berbagai gagasan teori dan pembelajaran berkembang di dunia bisnis dan industri.
    Dalam pendidikan khususnya dalam kurikulum, model ini berkembang dengan karya Bobbitt dan piagam.Bobbit dan piagam Bobbit menciptakan teori kurikulum yang pada dasarnya menjelaskan bahwa seseorang harus melakukan perjalanan dari masa kecil sampai tujuan pertumbuhannya tercapai.Menurut Bobbit tugas pertama dalam pengembangan kurikulum adalah untuk menemukan kegiatan yang membuat siswa, mempunyai kemampuan dan kualitas pribadi yang diperlukan untuk kinerja yang tepat.
    Selain Bobbitt, werret charter juga percaya pada analisis aktivitas. Namun charter mencatat bahwa perubahan kurikulum selalu didahului dengan modifikasi dalam konsepsi kita tentang tujuan pendidikan. Caharters menyarankan urutan langkah-langkah untuk konstruksi kurikulum. Dia mencatat bahwa konstruksi kurikulum memiliki empat langkah: 1) memilih tujuan 2) membagi siswa-siwa ke dalam beberapa kelompok sesuai dengan cita-cita dan kegiatan kesukaan mereka 3) menganalisis siswa-siswa untuk batas kerja 4) metode pengumpulan prestasi.
    The Tyler Model
    Pada tahun 1949 Tyler mempublikasikan empat prinsip dasar kurikulum dan pengajaran dengan tujuan untuk memeriksa masalah kurikulum dan pengajaran. Dia menyebutkan bahwa mereka yang terlibat dalam penyelidikan kurikulum harus mencoba untuk menentukan 1) tujuan sekolah 2) pengalaman pendidikan yang berkaitan dengan organisasi tujuan 3) pengalaman-pengalaman lainnya, dan 4) evaluasi tujuan. Tyler memberikan prinsip terakhir dengan mengevaluasi efektivitas perencanaan dan tindakan, karena Tyler menganggap evaluasi merupakan satu hal yang sangat penting dalam pengembangan kurikulum.Dia percaya bahwa hal itu diperlukan oleh pendidik untuk mengetahui apakah pengalaman belajar benar-benar membuahkan hasil yang diinginkan.Juga penting untuk menentukan apakah program ini efektif atau tidak efektif.Evaluasi harus berhubungan dengan semua objek. Meskipun tyler tidak menampilkan model pengembangan kurikulumnya secara grafis seperti yang lainnya, tetapi tidak dapat disangkal bahwa pemikiran Tyler sangat mempengaruhi bidang kurikulum, khususnya pengembangan kurikulum.
    The Taba Model
    Pemikiran Grassroots dan rekan-rekannya sangat mempengaruhi Hilda Taba dalam memberikan dorongan tambahan untuk mengembangkan pendekatan dalam kurikulum.Dalam bukunya tentang pengembangan kurikulum, kurikulum depelopment: teori dan praktek (1962), ia berpendapat bahwa ada urutan pasti untuk menciptakan kurikulum. Mengacu pada teori tersebut diharapkan akan memfasilitasi pencapaian kurikulum yang lebih bijaksana dan mudah dipahami.
    Perbedaan teori Taba dengan tyler adalah ia percaya bahwa kurikulum yang diajarkan harus dirancang oleh pengguna dan pelaksana program pembelajaran yaitu guru. Guru harus memulai proses tersebut dengan menciptakan suatu pembelajaran khusus bagi siswa mereka. Model dari para ahli kurikulum yang telah diberikan kepada guru, dipastikan harus dikembangkan kemudian diawasi oleh administrator untuk memastikan bahwa ide-ide atau model-model itu diterapkan dalam pembelajaran. Dia menganjurkan kepada  guru untuk mengambil pendekatan induktif dalam pengembangan kurikulum. Karena pendekatan ini dimulai secara spesifik menuju perencanaan yang umum.Berbeda dengan pendekatan deduktif yang lebih bersifat tradisional yang dimulai dari desain yang bersifat umum menuju ke yang lebih spesifik. Taba mencatat tujuh langkah utama Model pengembangan kurikulum
    1.      Diagnosis kebutuhan. Perancang kurikulum adalah guru yang harus memulai prosesnya dengan mengidentifikasi kebutuhan siswa dan untuk siapa kurikulum harus direncanakan.
    2.      Perumusan objek. Setelah guru mengidentifikasi kebutuhan yang diperlukan, ia menentukan tujuan yang akan dicapai
    3.      Pemilihan isi. Objek yang akan dipilih atau yang akan diciptakan disarankan harus mencakup semua yang terkandung dalam materi pelajaran atau isi kurikulum.
    4.      Isi organisasi. Seorang guru tidak hanya memilih isi kurikulum, tetapi harus mengaturnya dalam beberapa jenis urutan dengan mempertimbangkan kematangan peserta didik dari segi prestasi akademiknya, dan minat mereka.
    5.      Pemilihan pengalaman belajar. Isi kurikulum harus disampaikan kepada murid dan murid harus terlibat didalamnya.
    6.      Organisasi kegiatan belajar. Isi kurikulum harus diurutkan secara terorganisir sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar.
    7.      Evaluasi dan sarana evaluasi. Perencana kurikulum harus menentukan hasil yang diinginkan setelah selesai melaksanakan pembelajaran.
    Model Hunkins : Pengambilan keputusan.
    Hunkins menyajikan model pengembangan kurikulum berbeda dari yang lainnya. Dalam modelnya dia mengembangkan tujuh tahap utama:
    •         Kurikulum konseptualisasi dan legitimasi, tahap pertama menuntut peserta didik terlibat dalam kegiatan mengenai sifat dasar dari kurikulum dan juga nilai politik pendidikan dan sosial.
    •         Diagnosis, melibatkan dua tugas utama yaitu mencari keebutuhan apa saja yang diperlukan dalam pengembangan kurikulum dan mencari penyebab dari kebutuhan itu, serta menciptakan hasil dari kebutuhan yang ada.
    •         Pilihan isi, Kandungan isi adalah dasar dari kurikulum. Kandungan isi kurikulum mengacu pada fakta, konsep, prinsip, teori, dan generalisasi. Kandungan isi kurikulum juga mengacu pada proses kognitif peserta didik yang akan menuntut mereka untuk berpikir dalam belajar.
    •         Pengalaman seleksi, pada tahap ini guru memutuskan bahan ajar apa yang akan digunakan, apakah buku teks, program perangkat lunak, film, buku referensi, bahan utama, peta, gambar, dan sebagainya.
    •         Pelaksanaan.
    •         Evaluasi, tahap ini biasanya dilakukan pada saat kurikulum berjalan untuk memberikan data sehingga keputusan untuk melanjutkan, memodifikasi, atau menghentikan program pembangunan kurikulum dapat dilaksanakan.
    •         Pemeliharaan, meliputi metode dan sarana serta pengelolalan program yang akan dilaksanakan untuk menjamin dalam melanjutkan fungsi yang efektif.

    Model Pemikiran Kognitif Dari Pengembangan Kurikulum,
    Model pemikiran kognitif dari pengembangan kurikulum,langkah-langkahnya :
    •         Kesiapan, dalam pelaksanaanya anda harus membuat diri anda siap dalam tindakan dan pikiran. Sebelum terlibat dalam tindakan tertentu, kita harus menghentikan semua kegiatan yang sedang dilakukan atau dengan kata lain harus focus.
    •         Memulai, Anda harus memutuskan tindakan apa yang diperlukan dalam memulai suatu proses.
    •         Proses utama, ketika proses dimulai, maka kita langsung terlibat didalamnya.
    •         Kemungkinan gangguan dan dimulainya kembali, ketika terlibat dalam proses, kita memiliki pilihan untuk melanjutkan atau berhenti.
    •         Tujuan, jika kita memulai proses atau terlibat dalam proses berpikir, kita perlu menentukan apakah kita telah mencapai apa yang kita tetapkan sebelumnya.
    •         Penyelesaian, jika kita berhasil, maka kita akan terlibat dengan apa yang diperlukan untuk melakukan tindakan akhirnya.
    •         Tahapan akhir, di sinilah terdapat hasil dari proses yang baru dijalankan.
    Desain model Backward, Wiggins dan mc Tighe menentukan dalam tahap pertama ini terdapat tiga tingkat pengambilan keputusan. Pada tingkat pertama pembuatan keputusan, tugas pendidik selain mempertimbangkan tujuan dan sasaran, juga bertindak sebagai pemeriksa keputusan pada tingkat nasional.Tingkat kedua pengambilan keputusan dalam pengembangan kurikulum, yaitu guru kelas yang menilai isi kurikulum mungkin dapat membantu dalam menciptakan siswa yang dapat mencapai titik akhir dengan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Pada tingkat kedua pengambilan keputusan adalah untuk menentukan pengetahuan apa yang sangat penting bagi siswa yang dapat menunjang terhadap tujuan-tujuan pembelajaran yang lainnya. Tingkat ketiga dan terakhir dari pengambilan keputusan dalam tahap pertama ini melibatkan penyempitan pada isi.
    Tahap 2 model ini menentukan bagaimana menilai kurikulum, setelah diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.Pada tahap ketiga dan terakhir dari model desain ini melibatkan pengalaman dan instruksi dalam belajar.Pendekatan analisis tugas digunakan untuk pengembangan kurikulum ini. Ketika kita menggunakan analisis tugas untuk pengembangan kurikulum, kita menyesuaikan pendekatan dengan menggunakan dua jenis analisis tugas:
    •         Analisis Subyek. Adalah titik awal dalam materi pelajaran analysis. ketika kurikulum sedang dibuat untuk mempersiapkan siswa dalam profesi tertentu, maka materi pelajaran atau isi pembelajaran perlu diketahui agar dapat melaksanakan tugas pekerjaan tertentu dalam profesinya.
    •         Membuat grafik desain utama, ini menggunakan informasi yang diperoleh dari ahli materi pelajaran. Informasi ini tidak hanya mencakup fakta yang dianggap penting oleh para ahli tetapi juga konsep, aturan, hukum, generalisasi, teori, dan sebagainya.
    •         Mengatur isi, setelah grafik selesai, maka perlu diidentifikasi hubungan antara topik, isi, konsep, generalisasi, dan sebagainya.
    •         Analisis Pembelajaran, idealnya anlisis belajar dimulai selama penyelenggaraan pembelajaran. Teori ini menitikbertatkan pada proses belajar yang dilakukan dan diperlukan selama pembelajaran berlangsung.
    •         Membuat rencana kurikulum induk, adalah tahapan yang menggali informasi yang diperoleh secara terorganisir mengenai isi / materi pelajaran secara pedagogis / pendekatan pembelajaran yang dianggap penting bagi kurikulum untuk program studi.
    Pendekatan Non techninal-non scientifiec
    Pendekatan teknis ilmiah dalam kurikulum adalah untuk menunjukkan bahwa proses pengembangan kurikulum memiliki derajat yang tinggi baik dari segi objektivitasnya, universalitas, dan logika. Teori ini berasumsi bahwa realitas dapat didefinisikan dan diwakili dalam bentuk simbolik.Tujuan pendidikan dapat diketahui dengan tepat, dan dapat diatasi secara linear.Pendekatan teknis ilmiah dalam kurikulum mencontohkan pada mordernism, pandangan rasionalis, objektivitas, dan kepastian.Nonteknis sebagai pendukung pendekatan non-ilmiah menantang asumsi yang menyatakan semua tujuan pendidikan dapat diketahui.Mereka tidak menerima secara logis bahwa jika sesuatu yang ada dapat dirasakan dan diukur.
    ModelMusyawarah(The Deliberation Models)
    Modelmusyawarahmembahaskesenjangan dalampengembangan kurikulum. Memang, McCutcheonmencatat bahwamusyawarahdalam prosesessensialterlibat dalam pengembangankurikulum. Melaluimusyawarah,individu terlibatdalam pengambilankurikulummakin. Dalam proses ini,pendidikmembuatdikenalide-idedannilai-nilai merekauntukapa yang pentinguntuk belajardan perludiajarkan-apakontenyang akandipuji-dansangatfungsinyadaripendidikan itu sendiri.
    Modelmusyawarahmerupakanrata-ratapenalarantentang masalahpraktisyang harus dimasukkandalam kurikulum.Modelyang disajikan dalambab inimemiliki enamrumusanseperti yang disarankan olehNoye.
    Enamtahap -tahapmodel musyawarahterdiri dari:
    1.         Berbagikepada masyarakat luas,
    2.         Menyorotikesepakatan dan ketidaksepakatan,
    3.         Posisipenjelasan,
    4.         Menyorotiperubahan posisi,
    5.         Titiknegosiasiperjanjian, dan
    6.         Mengadopsikeputusan.
    Fitur utama darimusyawarahdan salah satu yangmenempatkannyadalam kategorinon-teknisdaripendekatankurikulumadalah fitur yangketidaklengkapan.
    PendekatanPertanyaan(Conversation Approach)
    PendekatanPertanyaanyangdiadaptasi daristrategiquentioningdikembangkan olehHunkins. Hal ini masuk akalbahwapertanyaanmerupakan bagian integral daripercakapan.Fasedisesuaikan denganpenciptaankurikulum:
    1.      Asosiasi bebas,
    2.      Pengelompokan berdasarkankesukaan,
    3.      Merumuskanpertanyaan fokuskurikuler,
    4.      pertanyaanfokuskurikuler secara berurutan, dan
    5.      Membangun konteksuntukfokus.

    Komponenyang digunakan untuk pertimbangandalampengembangankurikulum, yaitu:
    1.      Isikurikulum,
    2.      konsepsipada isi,
    3.      organisasiisi,
    4.      kriteria untuk memilihkonten(kecukupan diri,signifikansi, validitas,kesukaan,utilitas, learnabilitydankelayakan)
    PengalamanKurikulum
    AtributpengalamanKurikulum:
    •Kriteria untuk memilihpengalaman,
    •Reliationshipkontendan pengalaman,
    Bab 7 pada buku yang berjudulCurriculum -- Foundations, Principles, and Issues.Fouth Editionkarangan Allan C Ornsten, & Francis P.Hunkins secara umum tata bahasanya sulit dimengerti, karena pemaparannya berbelit-belit.Bahasa yang digunakannya pun berat, karena menggunakan diksi bahasa Inggris yang tidak familiar.Umumnya, Ornsten memberi contoh-contoh dan penjelasan tentang model-model dan pendekatan kurikulum dari berbagai para Ahli seperti Tyler, Taba, Hunkins dan Backward.
    Jika dibandingkan dengan buku lain yang bertema serupa, Curriculum DevelopmentFor Education Reform(1995) karya Kenneth T. Henson, buku ini masih terbilang lebih lengkap karena menguraikan tentang pengembangan kurikulum dijelaskan lebih banyak dan mendalam dimulai dari pengenalan tentang pengertian kurikulum,landasan filosofis dan historis, konsep teori dan modelserta perencanaan dan pengembangan kurikulum  serta manfaatnya.  Hal tersebutmembuat penjelasannya lebih lengkap dan mendalam dibandingkan bab pada buku yang kami kaji. Sistematika penulisan buku ini lebih teratur dan bahasanya lebih difahami karena menggunakan Bahasa Inggris yang familiar.

    Sedangkan menurut kajian singkat kamitentang pengembangan kurikulum dimulai dengan pengertian  kurikulum. Kurilukum, (curriculum)dalam Rudi Susilana, 2006:2  yang pada awalnya digunakan dalam dunia olahraga, berasl dari kata currir (pelari) dan curere (tempat berpacu). Pada saat itu kurikulum diartikan sebagai jarak yang harus ditempuh oleh seorang pelari mulai dari start sampai finish untuk memperoleh medali/penghargaan. Kemudian, pengertian tersebut diterapkan dalam dunia pendidikan, yaitu sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh oleh seorang siswa dari awal sampai akhir program pembelajaran untuk memperoleh penghargaan dalam bentuk ijazah.Dari pengertian tersebut, dalam kurikulum terkandung dua hal pokok, yaitu (1) adanya mata pelajaran yang harus ditempuh oleh siswa, dan (2) tujuan utamanya yaitu untuk memperoleh ijazah.Dengan demikian, implikasi terhadap praktik pengajaran yaitu setiap siswa harus menguasai seluruh mata pelajaran yang diberikan dan guru berada pada posisi yang sangat menentukan dalam pencapaian keberhasilan siswanya.Selain itu, keberhasilan siswa juga ditentukan oleh seberapa jauh mata pelajaran tersebut dikuasainya dan biasanya disimbolkan dengan skor yang diperoleh setelah mengikuti suatu tes atau ujian.
    Kurikulum sebagai rancangan pendidikan mempunyai kedudukan yang sangat strategis dalam seluruh aspek kegiatan pendidikan.Adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta globalisai membuat perlu adanya pengembangan kurikulum yang dapat merespon terhadap tuntutan perubahan structural pemerintahan.Sehingga diperlukan tatanan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan zaman. Siswa yang nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa harus di didik dari awal untuk menjadi mansia yang berkarakter, berwawasan luas, dan mempunyai pandangan ke depan. Tugas guru adalah menciptakan pembelajaran yang nyaman dan bermakna agar siswa mampu menyelesaikan setiap mata pelajaran dengan baik dan hasilnya pun sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya. Oleh karena itu, pengembangan kurikulum tidak akan berhasik jika tidak ada sinkronisasi antara guru dan siswa.
    Pengembangan kurikulum dalam pendidikan merupakan hal yang wajib dilakukan untuk kemajuan pendidikan itu sendiri.Kurikulum digunakan dalam dunia pendidikan dan mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan dan dinamika yang ada pada dunia pendidikan. Secara garis besar, kurikulum dapat diartikan sebagai perangkat materi pendidikan dan pengajaran yang diberikan kepada murid sesuai dengan tujuan pendidikan yang akan dicapai.
    Pada kenyataannya tidak dapat dipungkiri bahwa Indonesia sangatlah jauh tertinggal di bidang IPTEK dibandingkan dengan bangsa Eropa dan Barat.Untuk mengatasi masalah ini pemerintah menegaskan perlunya pengembangan kurikulum dalam dunia pendidikan, baik pendidikan formal maupun non formal.Dalam pengembangan kurikulum harus sesuai dengan pengertian kurikulum yakni seperangkat perencanaan dan media untuk mengantarkan lembaga pendidikan dalam mewujudkan tujuan pendidikan yang diinginkan.Sesuai perkembangan masyarakat yang mempunyai latar belakang yang berbeda-beda maka dalam pengembangan kurikulum juga harus melibatkan masyarakat sehingga terbentuk kurikulum yang ideal dan sistematik sesuai kebutuhan mereka.
    Pengembangan kurikulum yang ideal seharusnya mencakup beberapa hal pokok yang dapat melayani keanekaragaman kemampuan sumber daya manusia, kemampuan siswa, sarana pembelajaran, dan budaya di daerah pengembangan kurikulum.Sehingga dapat menjamin hasil pendidikan bermutu yang dapat membentuk masyarakat Indonesia yang damai sejahtera, demokrastis dan berdaya saing untuk maju.Dalam kurikulum, pendidikan bermutu sangat di perlukan dlam menghasilkan kompetensi lulusan yang dapat dipertanggung jawabkan secara lokal, nasional maupun secara global.
    Pengembangan kurikulum pada dasarnya seluruh rangkaian yang dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai tanggung jawab pendidikan, dengan tujuan dapat mengembangkan potensi peserta didik dan mencapai tujuan pembelajaran.Diharapkan dengan diadakannya pengembangan kurikulum dapat memberikan kontribusi pada seluruh pihak baik kepala madrasah, guru, murid dan orang tua, dan masyarakat secara umumnya.Sehingga kehadiran kerikulum dapat memberikan kesejahteraan bagi kehidupan dunia maupun akhirat. Bila dikaji secara seksama ada beberapa manfaat dari masing-masing pihak, diantaranya;
    a.      Bagi murid
    Dengan adanya pengembangan kurikulum para perserta didik nasibnya banyak yang tertolong. Mereka dapat mengembangkan potensinya, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan mudah dan tujuan akan sering tercapai. Dengan pengembangan potensi tersebut peserta didik dapat bergerak dengan optimal dilingkungan masyarakat. Dengan diadakannya pengembangan kurikulum diharapkap proses pembelajaran lebih bermanfaat dan integral dengan lapangan masyarakat.
    b.      Bagi lembaga
    Pengembangan kurikulum juga memberikan kemanfaatan yang sangat besar bagi lembaga. Perkembangan pada sebuah lembaga pendidikan bukan terletak pada sarana prasarana yang megah dan serba mewah, karena sarana prasarana hanyalah sebatas  fasilitas untuk mencapai tujuan pembalajaran. Tapi sarana prasarana akan hampa dari tujuan pembelajaran bila pengembangan kurikulum diabaikan. Semakin besar lembaga dapat mencetak peserta didik yang berkualitas, perhatian masyarakat akan besar pula.
    c.         Bagi guru
    Bagi guru sebagai tenaga kependidikan utama di sekolah, kurikulum harus mampu menjadi
    1)      Pedoman dalam merencanakan dan melaksanakan tugas mendidik~melatih dan Mengajar, dalam bentuk penyusunan dan pengorganisasian pengalaman belajar yang akan disajikan kepada peserta didik.
    2)      Pedoman dalam merencanakan dan melakukan evaluasi terhadap perkembangan daya serap peserta didik terhadap pengalaman belajar yang telah disajikan kepada mereka.
    d.   Bagi kepala sekolah
    Kurikulum harus dapat dijadikan pedoman dalam melakukan tugas-tugas sebagai administrator/ Manager (merencanakan, melaksanakan, mengontrol, mengevaluasi kegiatan pendidikan dan pengajaran ) dan supervisor (pengawasan dan bimbingan perencanaan dan pelaksanaan pendidikan dan pengajaran) dalam rangka memaksimalkan pencapaian tujuan pendidikan dan pengajaran di sekolah tersebut.
    e.   Bagi masayarakat pengguna lulusan (Stakeholders)
    Kurikulum harus mampu mencerminkan segala kebutuhan masyarakat, agar peserta didik dengan disiplin ilmu dan profesi yang didapatnya, dia dapat diterima di tengah masyarakat.
    Kaitannya dengan hal tersebut, ada 2 hal yang harus dilaksnakan oleh masyarakat dalam mendorong pengembangan kurikulum agar mencapai hasil yang sesuai dengan yang diharapkan, yaitu :
    1)      Ikut  memberikan masukan/ kritik konstruktif bagi perencanaan dan pelaksanaan serta peningkatan mutu pendidikan dan pengajaran di sekolah.
    2)      Ikut membantu penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di sekolah yang membutuhkan kerjasama yang  produktif dengan masyarakat, bagi pencapaian visi, misi dan mutu sekolah tersebut.

    Referensi:
                  Ornsten, Allan C & Francis P.Hunkins (2004).Curriculum -- Foundations, Principles, and Issues.Fouth Edition.  United States of America: Allyn and Bacon
                  Henson, Kenneth T.(1995) Curriculum Development for Reform. United States of America:  Addison – Wesley Educational Publisher Inc.

    1 komentar: